Translate

Senin, 11 Mei 2015

Laporan Perjalanan : Enrekang Dengan Sejuta Keindahan





Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Barru dalam proses akhir kegiatan KKN/KKLP (Bulan Maret - Mei 2015) melakukan sebuah perjalanan ke Buntu Sitodon di Kec. Curio, Kab. Enrekang.

Buntu Sitodon merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kab. Enrekang yang memiliki pemandangan dengan eksotis, sehingga belakangan ini sering di datangi oleh para pengunjung. Tempat ini paling sering didatangi oleh Mahasiswa dan Pelajar Pecinta Alam. Karena objek wisata ini masih tergolong baru dan pada awalnya ditemukan oleh warga setempat pada tahun 2006.

Salah satu keunggulan dari Buntu Sitodon di bandingkan dengan objek wisata lainnya yang ada di Indonesia yaitu para pengunjung dimanjakan dengan gemuruh air terjun yang memiliki ketinggian 80 – 90 meter. Air terjun ini pula memiliki air yang jernih, serta airnya dapat dikomsumsi langsung. Karena jauh dari daerah pemukiman dan jarang di sentuh oleh masyarakat sekitar. 

Belum lagi dengan pemandangan yang luar biasa pada saat berada di puncak salah satu gunung tempat para pengunjung mendirikan tenda. Karena jarak pandang sekitar 10 km bigutu jelas sehingga pemukiman masyarakat sekitar bahkan yang paling jauh pun tampak begitu indah. Dan yang anehnya untuk menyalakan api, kayu yang digunakan adalah kayu mentah bukan yang kering karena apinya tidak bisa menyalah. Inilah salah satu kebesaran Sang Khlik.

Jarak tempuh dari posko KKN/KKLP menuju lokasi Buntu Sitodon sekitar 3 jam. Satu jam di lalui dengan kendaraan dan 2 jam dilalui dengan berjalan kaki. Kemudian ada juga bendungan yang sementara di bangun tetapi masyarakat sekitar menjadikan tempat ini sebagai objek wisata , karena selain dekat juga kebersihan sangat dijaga. Dan yang menarik dari tempat ini adalah akses jalan menuju lokasi yang menjadikan kendaraan samapi ke tujuan. Hingga sekarang bendungan ini belum memiliki nama. Tetapi sudah dinikmati berbagai pengunjung bahkan yang berasal dari luar Kabupaten Enrekang.


Inilah cerita singkat dari perjalanan kami, sekaligus mahasiswa KKLP STKIP Muhammadiyah Barru. Bagi yang tertarik dan penasaran dengan tempat wisata yang di maksud, bisa langsung hadir dilokasi untuk membuktikan kebenarannya. Dijamin pengunjung pasti dimanjakan.

Penulis : Muhammad Hamka
Editor : Muhammad Yunus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar